Kamis, 22 Desember 2011

Artis2 SM, YG, dan JYP Menghadiri Launch Event untuk iTunes Korea, ‘Genie’


Pada 21 Desember, banyak bintang dan idola top Korea menghadiri launching event untuk layanan musik digital KT, ‘Genie’.
‘Genie’ bertujuan untuk menjadi sebuah layanan distribusi musik seperti Apple‘s iTunes. Diproduksi atas kerja sama KT dan KMP Holdings, sistem ‘Genie’ mendobrak standar sistem ‘membayar untuk lagu’ dengan meningkatkan harga dan mencakup
lagu2 digital, video2 musik, dan pictorial dalam satu paket.
Layanan ini menawarkan keunggulan konsep, setelah lagu digital dibeli, dapat ditransfer ke smartphone, PC, mp3, dan IPTV melalui personal ‘Cloud’ kalian.
Karena KMP Holdings bertanggung jawab dalam pendistribusian lagu, musik2 dari SM, YG, JYP, Media Line, Star Empire, Union Can, Music Factory, Sony Music, dan avex Entertainment akan dibuat lebih mudah tersedia.
‘Genie’ juga meningkatkan jumlah hasil distribusi yang kembali ke artis dan label sebesar 50% – 70%.
CEO Kim Young Min dari SM Entertainment menyatakan,
“Bahkan jika lagu2 kami didownload jutaan kali di layanan2 musik bulanan lain, jumlah yang kami peroleh dari itu semua tidak akan cukup untuk membuat sebuah video musik. Kami berharap ‘Genie’ akan menjadi sebuah program yang bijaksana dalam menjembatani perbedaan itu.”
Permasalahan untuk konsumen, terletak pada fakta bahwa layanan2 distribusi musik lainnya masih lebih murah. ‘Olleh Music‘ menjual 6 cents per lagu yang di download dan menawarkan sertifikat seperti download 150 lagu dengan harga $9 USD.
Meskipun ‘Genie’ belum beroperasi, pihak2 melihat 10~60 cents tiap lagu, terutama karena label2 dapat memberikan harga lagu2 mereka sesuai yang mereka inginkan. Pihak2 resmi memperkirakan bahwa lagu2 baru akan dijual seharga 60 cents sedangkan lagu2 lama akan tersedia dengan harga 10 cents, membuat harga2 itu lebih dari dua kali lipat lebih mahal dibandingkan dengan layanan2 lain.
Seorang perwakilan KT menjelaskan,
“Untuk yang mendownload kurang dari 150 lagu sebagai landasan pada layanan lain, lebih menguntungkan menggunakan ‘Genie’, khususnya karena mereka bisa mendownload item2 lain seperti video musik dan paket pictorial yang tidak ditawarkan di layanan2 lainnya.”








Source: Chosun Photos: As tagged
credit : allkpop