Rabu, 15 Februari 2012

Google Disetujui Pihak Regulator AS & Eropa untuk Beli Motorola Mobility

Rencana Google untuk mengakuisisi Motorola Mobility sepertinya sudah tinggal di depan mata. Sebagaimana dikutip PULSAonline via Reuters, dilaporkan bahwa pihak regulator di Amerika Serikat dalam hal ini
Departemen Kehakiman telah menyetujui proposal akuisisi Motorola Mobility oleh Google senilai 12,5 miliar USD.
Sebelumnya, Google juga telah mendapat persetujuan dari pihak regulator Uni Eropa, dan persetujuan dari regulator di AS diperkirakan akan menyusul hari ini atau akhir pekan ini.
Sebagaimana diketahui raksasa internet itu memang pernah mengungkapkan niatnya untuk membeli Motorola Mobility beberapa waktu lalu.
Akuisisi Motorola Mobility merupakan yang terbesar dalam sejarah Google. Hal ini juga menjadi tonggak bersejarah di mana pemilik sistem operasi Android itu akan terjun ke dalam bisnis perangkat keras, sebuah pasar di mana perusahaan itu belum memiliki banyak pengalaman.
Meskipun Google mengatakan bahwa mereka berniat untuk menjalankan Motorola sebagai unit bisnis yang terpisah. Namun, langkah yang diambilnya itu tetap membuat beberapa investornya khawatir akan turunnya keuntungan Google karena nantinya akan terjun menjadi pembuat perangkat keras.
Google melalui CEO-nya, Larry Page pernah menyatakan bahwa komitmen total Motorola Mobility untuk Android telah menciptakan kecocokan yang alami untuk kedua perusahaan.
Selain itu, Page juga mengatakan bahwa portofolio paten Motorola yang cukup besar akan membantu Google beserta para mitranya untuk melindungi diri dari para rivalnya dengan strategi litigasi yang agresif seperti Apple dan Microsoft. (Ozi)